Pages - Menu

Pages - Menu

Senin, 07 November 2016

Pengertian,Kelebihan dan kekurangan CakePHP

Pengertian CakePHP
CakePHP adalah sebuah frame work yang digunakan untuk membuat aplikasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) berbasis pemrograman PHP, berfungsi sebagai alat pengembang aplikasi yang memudahkan bagi programmer PHP untuk secara cepat membuat project nya,  karenanya cakephp memungkinkan pengguna PHP di semua tingkatan untuk secara cepat mengembangkan aplikasi web yang kuat.
CakePHP hadir sebagai alternatif bagi Anda yang masih kesulitan mempelajari framework. Sesuai dengan namanya, CakePHP  menawarkan kemudahan dalam membuat aplikasi web dengan cepat (RAD: Rapid Application Development), menjadikan belajar framework se-enak menikmati kue favorit. Contohnya, dengan fitur Scaffolding, Anda bisa membuat operasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) hanya dengan menambahkan code : var $scaffold pada file controller anda, padahal kalau Anda membuatnya secara manual membutuhkan bahkan ratusan baris kode.
CakePHP merupakan framework yang memiliki segudang fitur yang juga sudah support Ajax dan ORM (Object Relational Model), namun terbatasnya panduan dan tutorialnya menjadi kesulitan tersendiri untuk mempelajarinya.  Padahal sebenarnya belajar CakePHP tidak sesulit yang dibayangkan. dengan cara mempelajari Dasar-Dasar Framework CakePHP atau membeli buku serta membaca  artikeyang membahas mulai dari Definisi, Instalasi, Konfigurasi, Penanganan HTML dan Database, Operasi CRUD, Teknik CakePHP (Scaffolding, Paging, Upload File, dll), Components (Authentication & Session) maka Anda akan  semakin mudah untuk memahaminya.
Reff : http://wibirama.staff.ugm.ac.id/2007/01/08/sunu-wibirama-sekilas-tentang-cake-php/
Beberapa kelebihan dan kekurangan CakePHP adalah :
  1. CakePHP merupakan sebuah rapid development framework yang gratis dan sumber terbuka untuk PHP. CakePHP adalah sebuah framework atau kerangka kerja untuk membuat aplikasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) berbasis bahasa pemrograman PHP. CakePHP juga menjadi salah satu framework pilihan yang memungkinkan seorang dpengembang web untuk membuat sebuah aplikasi dengan karakter pengembangan RAD (Rapid Application Development), yang memungkinkan untuk digunakan dan dikembangkan menjadi aplikasi lain yang lebih kompleks. 
                Kelebihan:
    ·         Support AJAX dan ORM
    ·         Pengembangan yang terus dilakukan, saat ini telah mencapai versi 1.3.7.
    ·         Mendukung PHP4 dan PHP5
    ·         Arsitektur OOP dan MVC yang sesungguhnya
    ·         Semua fungsi dalam CodeIgniter sudah ada dalam CakePHP
    ·         memiliki teknik unik yang tidak didapatkan pada framework lain (kesan mendalam)

                 Kekurangan:
    ·         Manual Book tidak selengkap CodeIgniter
    ·         Terlalu banyak aturan jika dibandingkan CodeIgniter (namun sisi ini ada nilai positifnya, yaitu mempermudah pengembangan karena penamaan file dan database telah diatur semua nya oleh CakePHP, sehingga Developer tidak bisa MAIN-MAIN)
    ·         Butuh waktu belajar lama jika ingin menguasai framework ini (namun jika sudah benar-benar menguasai, Framework CakePHP mempunyai kemampuan yang benar-benar luar biasa handal)
  2. Reff : 
  3. http://septaniost24.blogspot.co.id/2013/10/kelebihan-dan-kelemahan-frameworkphp.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar